Panduan Mudah Buang Angin Rem Cakram Motor (Hisap, Suntik, dan Tekan)

Panduan Mudah Buang Angin Rem Cakram Motor (Hisap, Suntik, dan Tekan)

Daftar isi: [Tampil]

Permasalahan yang seringkali terjadi saat mengganti minyak rem yaitu terdapat angin palsu yang masuk ke dalam sistem hidrolis rem cakram ini. Hal ini sangat berbahaya karena rem bisa blong. Tuas rem sudah ditekan namun ternyata brake pad tidak menjepit cakram yang dapat membuat motor tidak dapat berhenti dengan baik. Namun terdapat cara buang angin rem yang dapat dilakukan.

Cara Buang Angin Rem Motor

Terdapat 3 cara yang dapat dilakukan untuk membuang angin palsu sekaligus untuk mengisi minyak rem motor dengan cara yang cepat dan mudah kurang dari 5 menit. Untuk perlengkapan yang dibutuhkan yaitu selang bening dengan panjang kurang lebih 1 meter, suntikan berkapasitas besar seperti bekas suntikan tinta printer atau suntikan yang dapat diperoleh di toko medis, lap basah dan air. Hal ini bertujuan untuk menetralkan minyak rem saat terkena permukaan cat motor.

  1. Cara Hisap

Teknik ini biasanya digunakan bagi mereka yang melakukan pengisian minyak rem setelah mengganti master rem dan selang. Butuh waktu yang lama untuk menunggu hingga minyak rem turun ke bawah apabila minyak rem diisi setelah mengganti selang rem dan master kemudian diisi melalui tabung minyak rem di setang. Agar lebih cepat turun bisa menyedot dari bawah menggunakan selang. 

angin rem cakram motor
angin rem cakram motor

Caranya yaitu bisa mengendurkan nepel di kaliper terlebih dahulu dengan menggunakan kunci disesuaikan dengan jenis motor namun umumnya menggunakan kunci 8 atau 10. Setelah nepel dikendurkan, sambungkan selang transparan ke nepel. Setelah itu isi tabung master rem dari atas hingga penuh dan mulai memompa tuas rem. 

Nepel yang sudah dikendurkan tadi kemudian disedot selangnya sambil masih tetap memompa. Hati-hati agar minyak tidak sampai masuk ke mulut maka dari itu semakin panjang selang maka akan semakin aman. 

Perhatikan apakah di dalam minyak rem yang keluar dari selang tadi masih memiliki gelembung udara. Apabila masih memiliki gelembung udara artinya masih memiliki angin palsu. Apabila masih memiliki gelembung udara, maka tetap lanjutkan hal tadi hingga tidak ada gelembung lagi pada minyak rem yang keluar. Setelah itu kencangkan nepel.

  1. Cara Suntik

Cara buang angin rem yang kedua yang dapat digunakan yaitu menggunakan alat bantu suntik yang disambungkan ke selang transparan tadi. Cara ini bisa digunakan bagi yang tidak ingin menyedot minyak seperti cara pertama. Namun pertama-tama isi suntikan dengan menggunakan minyak rem terlebih dahulu hingga penuh. Setelah itu sambungkan selang ke nepel di kaliper

Setelah itu kendurkan nepel dan tekan suntikan secara perlahan hingga minyak rem masuk ke dalam agar minyak rem tidak meluber keluar dari tabung minyak rem dan pastikan tidak ada gelembung udara. 

Lihat pula: Cara Mengeluarkan Udara dari Kaliper Motor

Anda bisa menutup nepel yang berada di bawah apabila tabung sudah terlalu penuh kemudian gunakan selang yang sudah dihubungkan dengan suntikan tadi untuk menyedot minyak rem. Suntik hingga udara palsu keluar kemudian pasang kembali. Untuk melakukan pengecekan, kencangkan nepel dan tekan tuas rem. Apabila terasa keras maka artinya minyak rem sudah terisi sempurna. 

  1. Cara Tekan

Cara ini digunakan saat anda membersihkan kaliper dan juga hingga piston dilepaskan. Agar lebih mudah, anda bisa mengisi kaliper terlebih dahulu dengan menggunakan minyak rem sebelum memasang piston. Setelah itu tekan dengan menggunakan piston sambil memasangnya. Lakukan hingga minyak rem tidak memiliki gelembung udara. Pastikan agar isi tabung tidak terlalu penuh agar tidak tumpah. Pasang kaliper apabila sudah penuh.

Apabila anda sudah mengikuti salah satu metode di atas, anda tetap harus memastikan bahwa benar-benar tidak ada udara palsu lagi. Sambungkan selang transparan tadi ke nepel menggunakan kunci agar siap untuk membuka nepel. 

Cara buang angin rem yaitu dengan menekan tuas rem 2 hingga 2 kali kemudian tahan tuas rem. Saat tuas rem ditahan, buka nepel dan perhatikan minyak rem yang ada pada selang. Kencangkan nepel lalu pompa lagi jika masih memiliki gelembung udara. Lakukan berulang kali hingga tidak ada gelembung udara yang keluar dari minyak rem.

Post a Comment

0 Comments